Tips Belajar dan Berlatih Fotografi

Inilah Cara atau Tips Belajar dan Berlatih Fotografi Secara Cepat dengan mudah. Kamu yang ingin bisa menjadi fotografer Profesional bisa ikuti

Halo teman-teman fotografi kali ini BAB Production akan berbagi cara ataupun Tips Belajar dan Berlatih Fotografi secara cepat dan mudah. Ini adalah artikel atau konten pembelajaran fotografi, dalam konten pembelajaran fotografi kita tidak hanya menggunakan kamera Mirrorless dan tidak hanya menggunakan kamera DSLR. Tetapi kita bisa mengeksplor bagaimana kita bisa memotret menggunakan kamera smartphone.

Oke kita langsung mulai saja ya, jadi BAB Production ini sudah berkiprah di dunia fotografi lebih dari 10 tahun dan website babproduction.id ini berdiri sudah hampir 2 tahun. Jadi kami sendiri ingin berbagi tentang pengalaman yaitu pengalaman berbagi ilmu-ilmu fotografi dalam dunia fotografi.

Dunia fotografi sendiri sekarang sudah berevolusi dan bagaimana sekarang ini banyak sekali teman-teman yang memakai kamera smartphone maupun mirrorless. Saat ini kami sering melihat komentar-komentar dari temen-temen fotografi di sosial media tentang pertanyaan “Bagaimana sih tips berlatih dan belajar fotografi?” Seperti itu ya.

Tips berlatih fotografi ini sangat penting untuk temen-temen pahami dan bagaimana tips berlatih fotografi ini bisa melatih kepekaan, kepekaan dalam berpikir dan kepekaan terhadap objek yang kita lihat. Berikut ini beberapa Tips Belajar dan Berlatih Fotografi:

Fokus Dengan Cahaya Natural

Yang pertama ini adalah Fokus dengan Cahaya Natural. Kenapa begitu? karena cahaya dalam fotografi adalah suatu kehidupan di dalam sebuah kamera atau kehidupan fotografi. Jadi yang pertama yang harus kalian pelajari adalah fokuskan cahaya yang ada di sekitar itu atau cahaya natural. Kalian harus lupakan cahaya buatan atau cahaya bantuan, jadi harus fokuskan di cahaya natural dan kalian bisa explore. Nah ketika fotografi perlu hunting, hunting ini yang dimaksud adalah melatih kepekaan terhadap objek yang akan terkena cahaya.

Dalam cahaya ini, berbagai jenis cahaya atau karakter cahaya kita bisa pahami di luar. Seperti cahaya samping, cahaya belakang, cahaya atas dan cahaya depan. Nah itu yang harus kalian pahami dan kalian harus bisa menentukan cahaya mana yang akan kalian pakai ketika memotret, Apakah di siang hari, pagi hari atau sore hari. Tips Belajar dan Berlatih Fotografi

Tentukan Focal Length Lensa

Untuk yang kedua ini kalian bisa Tentukan Focal Length Lensa. Ketika kalian memakai satu Focal Length yaitu dengan lensa fix contohnya kalian menggunakan lensa fix 50mm. Dari lensa itu kalian bisa berkreativitas dan bisa mengeksplore Bagaimana lensa yang kalian punya yaitu lensa fix, kalian bisa gunakan sebaik-baiknya. Kalian bisa beraktivitas dengan bermain DOF Sempit atau Blur seperti itu.

Dalam lensa fix tentunya bisa juga kita mengeksplor slow shutter speed, dan ini juga salah satunya bagaimana bisa menghasilkan estetika dalam menggunakan lensa fix tersebut karena bukaannya lebar dan bisa menghasilkan suatu foto dengan background blur dan bisa dinyatakan dalam angka-angka yang kecil tetapi bukanya buka lebar.

Nah untuk memotret stop action itu bisa juga, bagaimana kita bisa melatih kepekaan dan bagaimana kita bisa mengatur shutter speed itu berarti harus menggunaan shuter speed yang tinggi untuk memotret stop action dengan menggunakan lensa fix. Setelah kalian bisa mengeksplor itu kalian bisa juga melatih dengan berbagai lensa, jadi makanya ketika kalian belajar Tentukan Focal Length dan jka satu focal length lensa fix ya harus menggunakan itu terus untuk berlatih.

Selain itu kalian juga harus berlatih komposisi, berlatih Angle dan berlatih Bagaimana kepekaan terhadap objek yang kita lihat. – Tips Belajar dan Berlatih Fotografi

Setting Warna Hitam Putih (Black&White)

Ketiga yang harus kamu coba adalah bermain dengan settingan warna foto di black and white atau Hitam Putih karena ketika bermain di black and white atau hitam putih kita tidak memikirkan warna mana yang akan kita tonjolkan, tetapi kita fokus fokus terhadap komposisi dan Angle nya seperti apa dan bagaimana kita mengucapkan sebuah gambar sehingga menghasilkan suatu objek yang menarik dengan segi komposisi.

Terkadang ketika kita belum memakai Hitam Putih pasti kita selalu memikirkan mana nih objek yang akan ditonjolkan ataukah Warnanya, Warna objek atau warna background itu kita kebingungan untuk menentukan itu. Jadi jika kalian ingin berlatih Coba kalian setting di hitam putih atau black and white, sehingga kalian bisa lebih fokus terhadap komposisi dan Angel yang seperti apa. Tips Belajar dan Berlatih Fotografi

Batasi Jumlah Foto

Dan yang keempat adalah batasi Jumlah Foto yang kalian potret atau kurangi frame dan kurangi jepretan kalian, karena itu adalah kepekaan terhadap sebuah objek dan terhadap kita sebagai fotografer. Dulu zaman mencuci foto atau yaitu zaman roll, kita tidak bisa menjepret asal saja tapi kita bagaimana kita melihat suatu objek dengan peka gitu ya kita melihat shutter speed, kita melihat Aperture dan Diafragma. Bagaimana kita bisa melihat suatu objek ini dengan hati-hati sehingga menghasilkan sebuah gambar atau image yang kita inginkan.

Tapi Seiring berjalannya waktu dengan perubahan zaman ke digital itu membuat fotografi seperti main-main gitu, contohnya ya menjepret dan jepret-jepret secara asal kayak gitu. Sehingga kita tidak berpikir bagaimana foto atau gambar itu bisa tercipta dengan menarik. Nah makanya untuk kalian yang ingin belajar dan berlatih coba kurangin frame dari sebuah foto kalian. Dengan begitu kalian bisa peka terhadap cahaya dan komposisi sehingga kalian bisa menyeting shutter speed, aperture dan diafragma nya. Tips Belajar dan Berlatih Fotografi

Cobalah Mengedit Ulang Foto Lama Kalian

Dan yang terakhir adalah Coba kalian buka foto-foto lama dan kalian coba explore untuk editing, kenapa kalian harus buka foto-foto lama? itu untuk melatih juga bagaimana kita memotret tempo lalu dan kalian coba untuk ekspor ke dalam software yang kalian punya dan kalian coba untuk olah di dalam software editing. Dengan begitu kalian bisa tahu apa yang kurang dan kalian bisa mengoreksi. Yaitu mengoreksi dari sisi angel, sisi warna dan komposisinya Seperti apa.

Itu adalah tips untuk berlatih sehingga teman-teman fotografer jangan khawatir ketika berlatih fotografi itu sangat mudah dan kalian coba untuk sering-sering hunting keluar untuk mendapatkan objek-objek di sekitar kita aja, jangan terlalu jauh untuk hunting di manapun dan menggunakan kamera maupun smartphone tetapi Coba kalian explore di sekitar kita itu banyak objek-objek yang bisa kita eksplor dan akan membuat sebuah objek itu menarik.

itu mungkin tips berlatih fotografi semoga teman-teman fotografi di rumah bisa mengaplikasikannya dan bisa bermanfaat bagi kalangan fotografi dimanapun kalian berada. Jangan Lupa tetap enjoy dan Share artikel ini ke teman-teman kalian yang ingin berlatih fotografi.

Baca Juga: Jasa Live Streaming, 5 Cara Memilih Jasa Live Streaming yang Baik dan Benar, 10 Tips Memilih Jasa Live Streaming