Cara Mendaftarkan Lagu ke Publisher Musik Ternama

Seorang musisi perlu mengetahui cara mendaftarkan lagu ke publisher musik secara legal, terutama jika ingin karya-karyanya dikomersialkan. Tanpa prosedur tersebut, sangat sulit bagi mereka untuk mendulang keuntungan dari karya-karya musiknya.

Keberadaan publisher sangat penting karena bisa menjadi jalan bagi para musisi agar karya-karya didengar secara luas. Oleh sebab itu, mereka harus mengetahui prosedur-prosedur terkait pendaftaran untuk proses komersialisasi audio ciptaannya.

Cara Mendaftarkan Lagu ke Publisher Musik Ternama
Cara Mendaftarkan Lagu ke iTunes / Apple Music Bagi Musisi Pemula

iTunes atau lebih dikenal sebagai Apple Music merupakan satu dari sekian banyak penerbit karya-karya musik terbaik. Perusahaan tersebut juga memberikan kemudahan bagi para musisi untuk mendaftarkan karyanya melalui platform miliknya.

  • Daftar Agar Mendapatkan Akun Apple ID Lewat iTunes

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri lewat iTunes untuk mendapatkan Apple ID. Proses ini tidak dipungut biaya, serta detail tambahan mengenai persyaratan penjualan akan tersedia selama pendaftaran berlangsung.

Cara mendaftarkan lagu ke publisher di atas bisa dilakukan dengan atau tanpa menggunakan agregator. Sebagai informasi, agregator di sini dibutuhkan jika pihak artis atau musisi belum memenuhi persyaratan dari Apple.

  • Unggah ke Platform Itunes dan Konten Siap Didistribusikan

Jika cara Mendaftarkan Lagu ke iTunes / Apple Music telah dianggap memenuhi persyaratan, kamu bisa bekerjasama pihak Apple. Konten yang telah diunggah sekaligus diverifikasi oleh Tunes, telah siap untuk didistribusikan kepada audiens.

Namun jika belum siap, opsi kedua adalah bekerjasama dengan agregator terlebih dahulu hingga memenuhi syarat. Nantinya, pihak Apple akan membayar agregator untuk penjualan, baru kemudian agregator membayar pemilik konten (musisi).

  • Mulai Menghasilkan Keuntungan Finansial Lewat Konten Musik

Bisa dibilang, cara mendaftarkan lagu ke publisher seperti iTunes atau Apple Music sangat memudahkan musisi. Prosesnya tidak rumit dan para artis akan diberikan opsi, yakni secara independen atau menggunakan agregator.

Konten yang telah diunggah tersebut telah mendapatkan perlindungan akses secara legal dari pihak publisher. Di mana pendengar harus membayar sejumlah uang jika ingin mendengarkan, yang menjadi keuntungan finansial bagi musisi.

Cara Mendaftarkan Lagu ke JOOX dengan Opsi Streaming

Sejak diluncurkan pada tahun 2014 silam, JOOX telah menjadi platform terbaik untuk mendapatkan keuntungan finansial dari musik. Sistemnya membayarkan keuntungan berupa royalti dengan metode penghitungan sesuai dengan banyaknya streaming dilakukan.

  • Royalti Diberikan Berdasarkan Hitungan Banyaknya Streaming

Pihak JOOX membayar memberikan royalti pada musisi yang lagunya diputar secara streaming. Jumlah pembayaran nantinya akan berfluktuasi setiap bulan, bergantung dari banyaknya langganan dari pengguna dan seberapa sering musik diputar.

Cara mendaftarkan lagu ke publisher seperti JOOX sangat mudah karena terintegrasi dengan platform seperti TuneCore. Kamu hanya perlu menyiapkan materi berupa lagu-lagu pilihan terbaik, dan kemudian mendaftarkan diri secara online.

  • Melakukan Pendaftaran Secara Online di Platform TuneCore

Pertama-tama, kunjungi situs resmi TuneCore dan kemudian mendaftar lewat platformnya untuk mendapatkan akun. Setelah prosesnya selesai, kamu tinggal mengunggah materi lagu yang disiapkan dan nantinya akan dikenai biaya perilisan.

Setelah cara mendaftarkan lagu ke JOOX selesai dilakukan, ada baiknya jika kamu melihat keterangan tentang perjanjian bisnisnya. Pilihannya ada di halaman ‘Digital Music Stores' dan cari opsi untuk saluran milik JOOX.

  • Mulai Menghasilkan Pendapatan Lewat Proses Streaming

JOOX termasuk saluran yang berbeda dari platform lainnya karena tidak menyediakan opsi untuk mengunduh materi. Semua jenis musik di dalamnya dilakukan secara streaming sehingga pengguna harus tetap online untuk mendengarkan.

Cara mendaftarkan lagu ke publisher seperti JOOX dianggap mempermudah musisi agar bisa segera menjual karyanya. Hanya saya, sistem penghitungan royalti berdasarkan streaming kurang menguntungkan karena nilainya ditentukan oleh banyaknya pendengar.

Cara Mendaftarkan Lagu ke Spotify Beserta Aturannya

Prosedur pendaftaran di Spotify sebenarnya mirip dengan langkah-langkah yang ada pada platform iTunes / Apple Store. Hanya saja, perusahaan digital asal Swedia tersebut mengharuskan musisi bekerjasama dengan distributor resmi terlebih dahulu.

  • Bekerjasama dengan Distributor Terlebih Dahulu

Distributor di sini adalah yang nantinya akan menangani lisensi musik, distribusi, hingga membayar sejumlah royalti. Semua prosesnya diatur sesuai dengan perjanjian berupa kontrak tertulis, berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Oleh sebab itu, cara mendaftarkan lagu ke publisher seperti Spotify tidak mudah dilakukan jika tanpa menggunakan perantara resmi Pihak Spotifiy juga menyediakan distributor pilihannya yang telah dikurasi dari berbagai aspek.

  • Memilih Distributor Pilihan yang Disediakan Oleh Pihak Spotify

Beberapa distributor yang bisa dipilih adalah babmusic.id, DistroKid, CD Baby, Emu Bands, dan lainnya. Rata-rata pihak tersebut menawarkan jasa seperti label, manajer, manajemen hak cipta pada musisi secara legal.

Jika musisi tersebut telah siap dari segi materi maupun manajemen dengan distributor profesional, prosesnya pendaftarannya bisa segera disetujui. Jalan untuk bergabung dengan Spotify hanya tinggal selangkah setelah mendapatkan akun resmi.

  • Melakukan Pendaftaran untuk Mendapatkan Akun Seperti Biasanya

Cara mendaftarkan lagu ke Spotify hanya tinggal selangkah lagi jika telah memiliki distributor. Saat mendaftar, pastikan untuk memilih pada opsi ‘Spotify for Artists' dengan menggunakan alamat email aktif untuk aktivasi.

Jika pendaftaran berhasil dilakukan, opsi ‘Spotify for Artist’ memungkinkan musisi bersangkutan untuk mengakses banyak hal. Mulai dari melihat statistik audiens, mempromosikan musik, mengelola profil artis, hingga mengajukan verifikasi berwarna biru.

Cara Mendaftarkan Lagu ke YouTube Music untuk Artis Baru

Cara mendaftarkan lagu ke publisher berikutnya adalah YouTube Music milik Google. Platform tersebut tidak hanya mudah diakses dari segi pendaftaran, tapi juga memberikan lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan saluran lainnya.

  • Buat Akun dan Unggah Materi Musik Lewat TuneCore

Proses untuk mendapatkan akun di YouTube Music tidak jauh berbeda dengan platform lainnya. Kamu hanya tinggal mendaftar lewat platform milik TuneCore dengan email aktif untuk mendapatkan akun sekaligus proses verifikasi.

Setelah cara mendaftarkan lagu ke YouTube Music selesai dilakukan, proses selanjutnya adalah mengunggah materi lagu. Kirimkan trek, cover, dan informasi musik terkait dengan cepat dan mudah melalui layanan milik TuneCore.

  • Menghargai Karya atau Hak Cipta dari Para Artis di Bawah Manajemennya

Pihak TuneCore nantinya akan membuat karyanya dapat ditemukan di YouTube Music. Tampilannya berupa thumbnail, yang merupakan video musik milik musisi dengan sampul album depan agar lebih mudah dicari oleh pengguna.

Bagi artis baru, cara mendaftarkan lagu ke publisher seperti YouTube Music bisa menjadi pilihan terbaik. Mereka tidak perlu repot-repot menemukan distributor resmi karena telah disediakan oleh TuneCore dalam satu layanan.

  • Dapatkan Pembagian Keuntungan dengan Porsi yang Proporsional

YouTube yang bekerjasama dengan babmusic.id lewat layanan YouTube Music memberikan keuntungan sebesar 80 persen pada musisi. Saat proses pembayaran dilakukan, uang tersebut akan masuk ke dalam akun BAB Music milik artis.

Tidak mengherankan jika mengetahui cara mendaftarkan lagu ke publisher seperti YouTube Music sangat penting. Musisi tidak hanya mendapatkan akun dengan mudah, tapi juga pendapatkan hingga 80 persen dari setiap lagu-lagunya.

Kerjasama sangat penting bagi kedua belah pihak, yakni publisher selaku label seperti BAB Music serta artis sebagai musisi. Di mana keuntungan finansial didapatkan secara adil melalui serangkaian perjanjian resmi yang proporsional. Sejak platform digital menjadi kanal untuk mendistribusikan musik, persaingannya menjadi sangat ketat. Para musisi tersebut tidak hanya harus mengetahui cara mendaftarkan lagu ke publisher, tapi juga mempertimbangkan royalti yang didapatkan.

Kamu juga bisa mendapatkan jasa mendaftarkan lagu ke publisher melalui BAB Production tanpa di pungut biaya dengan syarat dan ketentuan yang mudah.

Baca Juga: