Cara Menentukan Harga Jasa Fotografi yang Tepat

Cara Menentukan Harga Jasa Fotografi yang Tepat

Pebisnis pemula biasanya masih bingung mengenai cara menentukan harga jasa fotografi. Dikhawatirkan mematok terlalu mahal atau terlalu murah, sehingga perlu mengetahui cara menentukan harga paling tepat.

Bila terlalu murah, perolehan keuntungan tidak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan. Padahal keuntungan inilah yang nanti akan digunakan dalam rangka mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.

Sedangkan bila terlalu murah, potensi bisnis mendapatkan klien banyak lebih minim. Menghindari hal-hal seperti ini, simak cara menentukan tarif untuk jasa fotografi pada pembahasan berikut. Tapi sebelum itu, ketahui sekilas tentang fotografi terlebih dahulu.

Membahas Sekilas Tentang Fotografi Penting Dipahami

Sebelum membahas mengenai cara menentukan harga jasa fotografi, apakah kamu sudah memahami pengertiannya? Fotografi secara umum diartikan sebagai metode atau proses untuk menghasilkan gambar dari suatu objek.

Caranya dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut. Secara bahasa, fotografi berasal dari bahasa Yunani yaitu photos berarti cahaya dan grafo berarti menulis atau melukis.

Dari asal bahasa tersebut bisa diartikan bahwa fotografi merupakan proses menulis atau melukis dengan memakai media berupa cahaya. Sebenarnya banyak tokoh yang mendefinisikan pengertian fotografi ini dengan versi mereka masing-masing.

Beberapa tokoh dimaksud seperti Elliott Erwitt, Ansel Adams serta Yudhi Soerjoatmodjo. Pada kesimpulannya, fotografi merupakan kegiatan mengambil gambar lewat kamera untuk menghasilkan karya seni dan dapat dinikmati publik maupun diri sendiri.

Beberapa Keuntungan Membuka Jasa Fotografi Bisa Diperoleh

Bila menerapkan cara menentukan harga jasa fotografi yang tepat, kamu bisa memperoleh banyak keuntungan. Sebenarnya apa saja keuntungan membuka jasa ini? Beberapa keuntungannya antara lain:

  • Meningkatkan Skill Fotografi

Ketika membuka jasa, akan secara otomatis meningkatkan skill fotografi seiring berjalannya waktu. Sebab, dengan membuka jasa biasanya akan mendapatkan klien yang mempunyai permintaan jenis pemotretan atau model berbeda-beda.

Aktivitas seperti ini secara tidak langsung akan membuat kamu menjadi belajar hal-hal baru. Jadi, tidak heran bila semakin lama menjalankan bisnis ditambah dengan mempunyai banyak klien, skill akan meningkat.

  • Menambah Penghasilan

Keuntungan selanjutnya menambah penghasilan, baik itu utama maupun sampingan. Apalagi bila memotret merupakan hobi yang kamu anggap menyenangkan, akan lebih senang hati saat melakukannya.

Melalui cara menentukan harga jasa fotografi tepat, perolehan penghasilan menjadi lebih optimal dan mengurangi potensi mengalami kerugian. Penghasilan akan semakin banyak seiring dengan semakin berkualitasnya skill yang kamu miliki.

  • Menambah Pengetahuan

Keuntungan terakhir yaitu menambah pengetahuan. Relevan dengan keuntungan pertama, di mana pengetahuan yang semakin bertambah akan meningkatkan skill. Akan ada banyak pengalaman baru menarik yang bisa kamu miliki.

Berbagai Cara Menentukan Harga Jasa Fotografi yang Tepat

Jangan sepelekan mengenai penentuan harga jasa karena akan berdampak signifikan terhadap perolehan keuntungan nantinya. Bagi kamu yang masih bingung menentukan harga jasa fotografi, terapkan beberapa cara ini:

  • Tidak Bersaing dengan Harga

Cara pertama, tidak bersaing dengan harga. Penerapan cara menentukan harga jasa fotografi satu ini penting dijadikan pertimbangan karena walaupun ingin bersaing, bukan berarti kamu harus menurunkan tarif lebih murah, padahal tidak memberikan laba.

Pahami juga kondisi yang sedang dialami. Inilah pentingnya memiliki keyakinan mengenai kualitas diri. Walaupun mempunyai harga lebih mahal, bila layanan memuaskan, mereka akan tertarik menggunakan jasa kamu lagi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas tetap menjadi pertimbangan utama bagi banyak orang dibandingkan harga. Tapi, untuk lebih menarik minat calon klien, lebih mahal dimaksud bukan terlampau jauh dari harga standar pasar.

  • Bisnis Dijalankan untuk Memperoleh Untung

Berikutnya, pastikan bisnis yang dijalankan memperoleh untung. Jangan memaksa diri untuk mematok harga terlampau murah hanya demi memenangkan persaingan pasar. Bukannya untung, yang kemungkinan kamu alami malah merugi.

Cara menentukan harga jasa fotografi ini perlu dilakukan untuk mengurangi kemungkinan bisnis mengalami kerugian. Ada banyak aspek perlu dipertimbangkan dalam menentukan harga, bukan hanya upah jasa saja.

Beberapa aspek tersebut meliputi biaya transportasi, depresiasi alat, biaya pendidikan, kehilangan, kerusakan dan lain-lain. Bila ingin menjalankan bisnis sehat, berarti kamu harus mendapatkan keuntungan.

Jadi, pastikan bahwa pendapatan lebih besar daripada pengeluaran. Hindari situasi memberikan harga terlalu murah tanpa memperhatikan berbagai aspek hanya karena takut bisnis tidak laku.

Kamu harus memiliki keyakinan bahwa kualitas yang dimiliki mampu menarik perhatian para pelanggan. Jangan takut tidak memperoleh pelanggan, karena bila berusaha dengan baik dan maksimal, kamu akan mendapatkan hasil setimpal.

  • Melakukan Penghitungan Nilai, Bukan Waktu

Cara menentukan harga jasa fotografi selanjutnya, lakukan penghitungan nilai, bukan waktu. Walaupun masih banyak jasa yang menerapkan sistem bayaran per jam, tapi sebenarnya tidak disarankan.

Sebagai contoh, kamu memberikan tarif untuk per jamnya 50 ribu. Untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 5 jam, biaya yang nantinya diperoleh mejadi 250 ribu. Tapi, bukan tidak mungkin kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan spesifikasi sama lebih cepat.

Misalnya, bisa diselesaikan dalam waktu 1 jam saja. Maksudnya, dengan waktu lebih singkat ini, tentu pihak yang diuntungkan bukan hanya kamu tapi juga klien. Semakin cepat sebenarnya semakin baik, karena waktu yang ada bisa dimanfaatkan untuk lainnya.

  • Mencari Pelanggan yang Sesuai

Cara lainnya, cari pelanggan yang sesuai dengan bidang bisnis kamu. Ketika mampu menemukan pelanggan yang mampu menghargai hasil karya, akan secara otomatis membuat harga jasa kamu lebih optimal.

Untuk mencari pelanggan yang sesuai, diperlukan ketepatan dalam penerapan teknik marketing. Cara menentukan harga jasa fotografi satu ini bisa dilakukan melalui riset pasar.

  • Tidak Ada Patokan Benar dan Salah

Cara terakhir, penting diingat bahwa dalam menentukan harga tidak ada patokan benar dan salah. Terpenting kamu mempunyai alasan jelas dan kuat mengapa memberikan tarif sejumlah tersebut.

Selain itu masih dalam skala wajar. Contohnya karena peralatan yang dibutuhkan berharga mahal tingkat kesulitan serta risikonya cukup tinggi, kualitas foto terjamin dan tidak akan ditemukan pada fotografer lainnya atau alasan lainnya.

Berbagai Inovasi Bisnis Jasa Fotografi Bisa Dijadikan Referensi Opsi

Ada banyak jenis bisnis jasa fotografi bisa dijadikan referensi opsi. Bisnis pemotretan paling banyak ditemui adalah untuk acara pernikahan, padahal masih banyak varian lain, beberapa diantaranya:

  • Studio Foto

Sebelum menerapkan cara menentukan harga jasa fotografi, kamu harus memahami ingin menjalankan jenis bisnis seperti apa. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah membuka jasa studio foto.

  • Freelance Fotografer

Inovasi berikutnya adalah freelance fotografer dengan kelebihan bisa dilakukan pada waktu luang dan kapan saja. Profesi freelance fotografer bisa kamu jadikan bisnis sampingan.

  • Kerja Sama dengan Event atau Wedding Organizer

Bisnis di bidang fotografi paling banyak dicari adalah untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi pernikahan atau acara resmi tertentu. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk mengajukan proposal kerja sama dengan wedding organizer atau event organizer.

Jika sedang membutuhkan jasa fotografi terbaik, kamu bisa menggunakan jasa dari BAB Production. Kunjungi website babproduction.id untuk mengetahui informasi selengkapnya. Ketika sudah mengetahui bisnis paling tepat, kamu bisa menerapkan cara menentukan harga jasa fotografi di atas.

Baca Juga:

Berita Terbaru

Kabar Terbaru dari Bab Production

7 Tips Memotret Air Terjun

7 Tips Memotret Air Terjun

Halo teman-teman BABPRODUCTION.ID pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai 7 Tips Memotret Air Terjun Agar Hasil Soft dan Tajam, tips-tips ini…

Cara Menentukan Harga Jasa Fotografi yang Tepat

Pebisnis pemula biasanya masih bingung mengenai cara menentukan harga jasa fotografi. Dikhawatirkan mematok terlalu mahal atau terlalu murah, sehingga perlu mengetahui cara menentukan…
Studio Foto Terdekat di Jakarta

Studio Foto Terdekat di Jakarta

Bagi sebagian orang, mencari studio foto terdekat di Jakarta dianggap sebagai sebuah hal yang sangat penting dilakukan. Salah satunya karena jarak dekat dengan…
BAB PRODUCTION JASA STREAMING
Hubungi Kami

Punya Pertanyaan untuk Bab Production?