Kisaran Biaya Dokumentasi Pernikahan yang Perlu Diketahui

Biaya Dokumentasi Pernikahan

Masih banyak yang belum mengetahui berapa besar biaya dokumentasi pernikahan. Apalagi bagi seseorang yang belum pernah sama sekali mengurusi acara pernikahan. Ditambah, dari tahun ke tahun biaya jasa dokumentasi mengalami peningkatan harga.

Hal ini wajar terjadi, mengingat kualitas dari hasil dokumentasi juga jauh lebih baik dibandingkan masa dulu. Selain itu, opsi yang diberikan lebih bervariasi, bukan hanya dokumentasi dalam bentuk foto atau gambar saja tapi juga video.

Mengenai kisaran biayanya akan dibahas pada ulasan berikut. Tapi sebelum itu akan dibahas terlebih dahulu tentang alasan pentingnya membuat dokumentasi pernikahan serta berbagai konsep yang bisa dijadikan referensi.

Inilah Berbagai Alasan Pentingnya Membuat Dokumentasi Pernikahan

Membuat dokumentasi pernikahan itu penting bukan tanpa alasan. Salah satu alasannya karena acara sakral ini merupakan momen spesial yang sayang bila tidak didokumentasikan. Sebab, momen seperti tidak akan terulang lagi.

Dengan membuat dokumentasi, momen berjalan cepat bisa dikenang lagi di kemudian hari. Bentuknya bisa berupa gambar maupun video. Pemilihan bentuk ini akan berpengaruh terhadap biaya dokumentasi pernikahan nantinya yang harus dibayarkan.

Alasan berikutnya merupakan penyimpanan dokumen untuk seumur hidup. Bukan hanya kamu dan pasangan yang bisa menikmati kenangan seumur hidup ini. Tapi juga keluarga dan orang-orang yang terlibat dalam acara.

Membuat dokumentasi untuk acara sakral ini juga dijadikan sarana sebagai perekat hubungan serta mencegah pertengkaran. Dalam menjalin hubungan, apalagi setelah pernikahan, pertengkaran merupakan hal wajar.

Dengan melihat momen membahagiakan melalui dokumentasi pernikahan, kamu dan pasangan bisa bangkit untuk mengatasi berbagai permasalahan. Inilah manfaat mengenang kembali momen pernikahan membahagiakan masa dulu.

Baca Juga: Jasa Dokumentasi Kedukaan

Berbagai Konsep Dokumentasi Pernikahan Bisa Dijadikan Referensi

Biaya dokumentasi pernikahan tergantung dari konsep yang diinginkan. Semakin sulit konsep pembuatan, akan semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Bila kamu masih bingung dengan pemilihan konsep dokumentasi pernikahan ini, simak referensi berikut.

  • Alami

Konsep pertama yaitu alami, di mana pemakaian editan tidak berlebihan. Beberapa orang lebih menyukai hasil editan, tapi beberapa lainnya tidak menginginkan banyaknya editan kontras serta saturasi berlebih.

  • Drone

Berikutnya adalah dengan memanfaatkan drone, benda yang dipakai untuk menerbangkan kamera. Drone ini nantinya diterbangkan untuk mengambil momen berharga selama prosesi pernikahan dari berbagai angle.

Biasanya biaya dokumentasi pernikahan menggunakan drone memiliki tarif lebih mahal. Tidak mengherankan karena pengambilan gambar memakai drone dengan biasa memiliki tingkat kesulitan berbeda.

  • Gaya Editorial

Gaya editorial cocok dipakai bagi kamu dan pasangan yang senang menjadi pusat perhatian. Sebab, berbagai aspek bisa dimaksimalkan, mulai dari pemilihan lokasi, busana hingga tata gaya.

  • Monokromatik

Konsep dokumentasi pernikahan lainnya yaitu monokromatik. Bila kamu dan pasangan menyukai konsep foto hitam putih, monokromatik bisa menjadi solusi terbaik. Bukan hanya menarik, tapi tampak mendramatisir gambar.

  • Film Photography

Konsep terakhir bisa menjadi referensi yaitu film photography. Penggunaan jenis kamera tempo dulu dengan tone warna klasik. Tapi sayangnya pemakaian kamera ini tidak bisa langsung dilihat hasilnya karena harus melalui proses pencucian fil lebih dulu.

Inilah Kisaran Biaya Dokumentasi Pernikahan Perlu Diketahui

Sebenarnya untuk biaya dokumentasi untuk pernikahanmenyesuaikan dengan kebijakan setiap jasa. Selain itu juga tergantung dari paket dipilih. Akan semakin mahal harganya seiring semakin banyak layanan diperoleh.

Biasanya, paket terbagi menjadi tiga varian, paling murah, menengah hingga paling mahal. Untuk kisaran biaya dokumentasi pernikahan paling murah yaitu 1 juta hingga 5 juta. Sedangkan paket menengah mempunyai range harga 6 juta hingga 10 juta.

Sedangkan range harga paling mahal 11 juta hingga 20 juta bahkan lebih. Perbedaan ketiganya terletak pada layanan yang nantinya diperoleh. Mulai dari durasi, jumlah fotografer atau videografer, hasil cetakan dan lain-lain.

Akan berbeda biaya dokumentasi pernikahan hanya foto dengan ditambah video. Penambahan video memiliki tarif lebih mahal dibandingkan hanya foto saja. Setiap jasa akan memberikan patokan harga berbeda, sehingga kamu perlu menanyakannya terlebih dahulu di awal.

Baca Juga: Jasa Live Streaming Pernikahan

Tips Memilih Vendor Dokumentasi Pernikahan Terbaik

Dokumentasi pernikahan tidak akan bisa diulangi, sehingga perlu memilih vendor terbaik. Tujuannya supaya mendapatkan file berkualitas dan memuaskan. Ada beberapa tips memilih vendor terbaik bisa kamu coba lakukan:

  • Sudah Berpengalaman di Bidangnya

Pilih vendor yang sudah profesional dan berpengalaman di bidangnya. Salah satu cara mengetahuinya yaitu dengan melihat review pada pelanggan yang pernah menggunakan penyedia layanan tersebut.

Pengalaman bisa dilihat dari sudah berapa lama jasa tersebut berkecimpung di dunia pembuatan dokumen pernikahan. Kamu bisa mencarinya melalui mesin pencarian internet atau melalui referensi dari orang lain terpercaya.

  • Portofolio Menjanjikan

Tips selanjutnya, pilih vendor dengan portofolio menjanjikan. Biasanya biaya dokumentasi pernikahan berkualitas mempunyai harga lebih mahal. Mengenai hal ini bisa kamu pastikan melalui hasil portofolio yang pernah dibuat.

Pertimbangkan portofolio yang relevan dengan konsep pembuatan dokumen sesuai keinginan. Bila memang sesuai dengan konsep yang kamu inginkan, bisa lebih yakin lagi untuk memakai jasa mereka.

  • Cara Komunikasi dan Pelayanan Baik

Perhatikan cara vendor berkomunikasi dan memberikan pelayanan. Pastikan komunikasi dan pelayanan mereka baik karena akan memberikan kenyamanan saat kamu menjalin hubungan kerja sama.

Bagaimanapun juga, sebagai pelanggan mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Bukan hanya mengenai cara mereka menjawab setiap pertanyaan, tapi juga bagaimana mereka memberikan ide atau saran.

  • Sesuai dengan Anggaran

Tetapkan di awal, biaya dokumentasi pernikahan yang kamu miliki sejumlah berapa. Kemudian, pilih vendor yang memberikan tarif sesuai dengan anggaran. Biasanya akan ada berbagai paket bisa dipilih sesuai dengan kesanggupan.

Menyesuaikan anggaran ini penting supaya kamu tidak mengeluarkan dana terlalu besar hanya untuk vendor dokumentasi pernikahan. Sebab, acara pernikahan meliputi banyak aspek, bukan hanya tentang dokumentasi.

Ada aspek lainnya yang juga penting, seperti penyajian makanan, souvenir, dekorasi, make up pengantin dan masih banyak kebutuhan lainnya. Jadi, kamu perlu membuat daftar budget untuk masing-masing kebutuhan.

Sebaiknya jangan memaksakan budget yang sebenarnya tidak kamu sanggupi. Walaupun minim budget, kamu tetap bisa mendapatkan vendor berharga terjangkau, asalkan berkenan cermat dalam memilih.

  • Mampu Memenuhi Konsep yang Diinginkan

Terlepas dari biaya dokumentasi pernikahan, pilih vendor yang mampu memenuhi konsep sesuai keinginan. Setiap calon pengantin mempunyai selera tersendiri mengenai dokumentasi pernikahan yang diinginkan.

Mulai dari formal, klasik, penuh gaya, artistik atau lain-lain. Tidak semua vendor mampu memenuhi seluruh konsep. Jadi, sangat penting menanyakan mengenai kesanggupan vendor di awal.

Atau kemungkinan lainnya mereka menyanggupi, padahal belum berpengalaman dalam menangani konsep tersebut. Supaya mendapatkan jasa fotografer terbaik, memastikan hal ini di awal transaksi sangat perlu.

Baca Juga: Jasa Foto Pernikahan Murah

Bila mereka mengatakan masih belum berpengalaman menangani konsep yang diinginkan, tapi kamu tetap ingin menggunakannya, berarti harus menerima konsekuensinya. Ada kemungkinan hasil tidak sesuai dengan ekspektasi. Mengingat biaya vendor yang banyak, kamu bisa melakukan perbandingan beberapa penyedia jasa untuk mendapatkan harga terbaik dan sesuai budget. Informasi mengenai biaya dokumentasi pernikahan biasanya bisa dilihat melalui situs atau sosial media yang dimiliki BAB Production dan juga Jasa Dokumentasi.

Berita Terbaru

Kabar Terbaru dari Bab Production

7 Tips Memotret Air Terjun

7 Tips Memotret Air Terjun

Halo teman-teman BABPRODUCTION.ID pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai 7 Tips Memotret Air Terjun Agar Hasil Soft dan Tajam, tips-tips ini…
BAB PRODUCTION JASA STREAMING
Hubungi Kami

Punya Pertanyaan untuk Bab Production?