Peralatan Live Streaming yang Sering Digunakan

Peralatan Live Streaming yang Sering Digunakan

Ada beberapa macam peralatan live streaming paling sering digunakan, agar acara live streaming berjalan lancar. Anda bisa memilih beberapa pilihan alat sesuai dengan kegiatan dan juga budget Anda.

Mulai dari peralatan sederhana hingga paling mahal. Namun biasanya, para pekerja profesional tentu akan menggunakan berbagai macam alat canggih. Dan tentu harga alatnya juga fantastis. 

Namun, apabila Anda bukan pekerja profesional lebih baik gunakan saja alat seadanya. Atau jika ingin gampang, Anda bisa menggunakan bantuan perusahaan jasa live streaming di jakarta apabila ingin melakukan streaming.

Beberapa Macam Peralatan Live Streaming 

Ada beberapa alat yang biasanya digunakan untuk melakukan streaming. Mulai dari alat sederhana hingga berbagai macam alat canggih yang biasanya digunakan oleh para pekerja profesional.

Camera

Peralatan pertama yang wajib untuk dimiliki sebelum melakukan live streaming tentu adalah kamera. Kamera adalah bagian terpentingnya, untuk merekam kegiatan yang akan disiarkan. Kamera di sini bisa menggunakan berbagai macam bisa kamera seperti HP, camcorder dan sebagainya.

Untuk kebutuhan profesional, biasanya menggunakan kamera camcorder. Sebab, camcorder adalah alat perekam video yang memang dirancang untuk kebutuhan shooting. Memiliki kemampuan yang sangat handal.

Mulai dari kualitas videonya, ketahanan baterainya tahan lama hingga desainnya dirancang agar bisa mengambil video sambil berjalan dengan mudah. Gunakan camcorder apabila Anda memang berniat menjadi cameramen profesional.

Selain camcorder ada mirrorless. Mirrorless ini mirip dengan camcorder, namun masih lebih canggih camcorder. Mirrorless lebih digunakan untuk kepentingan videorgrafi namun bukan shooting dan juga untuk photography.

Untuk yang paling murah ada smartphone. Hampir semua orang di dunia ini memiliki smartphone. Anda bisa menjadikan smartphone untuk kebutuhan streaming tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal, hanya butuh kuota internet saja. 

Live Switcher dan Capture Card

Peralatan Live Streaming selanjutnya adalah Live switcher dan capture card. Apabila Anda menonton acara live TV, pasti terkadang cameranya berpindah dari C ke A. itu merupakan fungsi dari Live switcher.

Sementara capture card adalah hardware yang berfungsi merubah output HDMI ke input device komputer. Menstransfer data di dalam kamera ke komputer, lalu nanti akan diolah untuk bisa ditampilkan ke aplikasi.

Audio Monitor

Audio monitor ini berfungsi agar Anda dapat mendengarkan bagaimana hasil dari suara video yang direkam. Anda bisa memilih salah satu, menggunakan speaker, in ear monitor ataupun headphone.

Sound Card dan Audio Mixer

Peralatan Live Streaming berikutnya ada Sound card dan Audio mixer. Alat ini mirip dengan Live switcher dan capture card. Apabila Live switcher dan capture card berfungsi untuk mengkonversi data video. 

Sound card dan Audio mixer berfungsi untuk mengkonversi data audio. Hasil suara dari audio monitor, akan ditangkap oleh kedua alat ini, lalu datanya dikirim ke komputer untuk diolah menjadi input.

Laptop atau Computer

Salah satu alat yang tidak kalah penting adalah laptop atau komputer. Laptop atau komputer akan mengolah data yang dikirimkan oleh beberapa alat konversi tadi dan menjadikannya output.

Lighting

Ada beberapa jenis lampu yang biasa digunakan saat melakukan streaming. Antara lain LED lighting, ring lighting dan Fresnel lighting. Biasanya, para pekerja profesional menggunakan Fresnel lighting.

Mikrofon

Satu alat lagi yang tidak boleh terlewatkan adalah mikrofon. Apapun jenis event online yang Anda lakukan, gunakanlah mikrofon berkualitas. Berkualitas di sini maksudnya yang sesuai dengan laptop dan kamera Anda.

Daripada Anda repot menyiapkannya, lebih baik gunakan saja jasa live streaming dari BAB Production. Kami merupakan jasa handal yang berhasil mengabadikan banyak momen. Jadi, tidak perlu repot lagi untuk menyiapkan berbagai peralatan Live Streaming.

Baca Juga: