Tips Melakukan Teori Warna Pada Foto Landscape

Tips Melakukan Teori Warna Pada Foto Landscape

Tips Melakukan Teori Warna Pada Foto Landscape – Banyak pertanyaan dari banyak fotografer pemula mengenai teori warna. Teori Warna bisa nggak sih di apply untuk sebuah foto landscape? karena biasanya teori warna itu banyak banget dipakai untuk foto-foto fashion. Pada Fotografi Fashion biasanya kita bisa mengatur warna atau setting warna sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jadi  teman-teman jangan salah kalau  misalkan teman-teman berpikiran “Oh teori warna itu hanya untuk sebuah foto settingan atau misalkan teman-teman hanya tahu teori warna itu hanya untuk pekerjaan seorang graphic designer atau fashion designer“. Nah disini teori warna itu juga berlaku untuk semua foto apapun termasuk foto landscape.

Nah kali ini babproduction.id akan bahas Gimana caranya untuk menerapkan sebuah teori warna pada foto landscape kita. Menerapkan sebuah color theory pada sebuah foto itu memang sangat subjektif, jadi tergantung banget sama orang yang melakukan editing atau melakukan proses color theory ini. Jadi buat teman-teman sebenarnya teori warna ini adalah teori yang membantu kita dan mengarahkan kita paling nggak kita punya guidance atau punya arahan pada saat kita ingin setting sebuah warna. Berikut ini tips untuk melakukan Teori warna pada foto landscape:

Memahami Psikologi Warna

Tips yang pertama pada saat kita ingin belajar teori warna teman-teman harus memahami psikologi kita dulu pada saat kita melihat sebuah warna. Pasti dari teman-teman sering banget melihat psikologi sebuah foto atau  sebuah gambar kalau misalnya kita melihat warna biru, apa yang kita rasakan secara psikologi kita pada saat kita melihat warna biru, mungkin kalian bisa merasa sesuatu yang adem sesuatu yang tenang gitu ya. Berbeda dengan halnya kita pada saat kita melihat sebuah warna yang bewarna merah.

Warna merah dan biru ini memiliki psikologi persepsi yang berbeda, jadi disini teman-teman bisa menjadikan sebuah patokan pada saat kita ingin  menampilkan warna tersebut di dalam sebuah foto. Berbeda dengan foto fashion, dimana kalian bisa menyusun sesuai dengan keinginan kita dimana bajunya itu harus berwarna apa, hiasan rambutnya berwarna apa dan makeup warna apa.

Tips Melakukan Teori Warna Pada Foto Landscape. Pada dasarnya teori warna itu juga berlaku untuk semua foto apapun termasuk foto landscape.
Memikirkan Mood

Nah beda halnya dengan foto landscape, di foto landscape kita akan menyelaraskan warna ini sesuai yang kita inginkan pada saat kita melakukan post-processing. Pada saat kita melakukan post-processing di dalam sebuah foto landscape teman-teman bisa memikirkan mood tapa yang ingin kita  tampilkan, misalnya teman-teman ingin menampilkan suasana di pagi hari dimana kita ingin menampilkan suasana yang lebih hangat yang lebih Warm. Dari sini teman-teman bisa memilih warna yang lebih orange atau lebih kemerahan gitu ya. Nah disini kita bisa merasakan dalam sebuah foto ini ada suasana yang cukup hangat dan kemudian kita juga bisa bermain dengan warna-warna dingin supaya kita menampilkan warnanya lebih terasa  dinginnya.

Jadi misalkan pada saat kita memotret di malam hari dimana suasananya  lebih biru atau pada saat Winter dimana kita masakan salju itu terasa dingin  sekali, kalian disini bisa langsung memaksimalkan dengan post Processing.

Jadi dengan kita mengenal teori warna teman-teman bisa memaksimalkan dengan menerapkan Apa itu Split Complementary, Apa itu Complementary Color kemudian Apa itu Triadic.

Tips Melakukan Teori Warna Pada Foto Landscape. Pada dasarnya teori warna itu juga berlaku untuk semua foto apapun termasuk foto landscape.

Dan disini teman-teman bisa pilih, Jadi kalau misalkan ada warna yang melenceng dari warna ini kalian bisa seleksi di dalam Photoshop kemudian digeser mendekati warna hitam inginkan. Terkadang di dalam fotografi itu ada yang sifatnya fine art banget ya, jadi kita bisa merubah apapun sesuai dengan keinginan kita gitu. Tapi apakah itu nanti akan  diterima oleh banyak orang atau tidak itu kembali ke marketnya.

Demikian pembahasan kali ini mengenai teori warna untuk sebuah foto  landscape. Terimakasih sudah membaca sampai akhir artikel ini, jangan lupa share ke temen-temen kalian ya.

Baca Juga: