Skip to content

10 Kesalahan Setup Lighting Saat Melakukan Shooting

    10 Kesalahan Setup Lighting Saat Melakukan Shooting

    Halo sahabat dunia kreatif, pada artikel berikut babproduction.id akan membahas tentang 10 Kesalahan Setup Lighting Saat Melakukan Shooting. Yuk simak lengkapnya dibawah ini.

    Lighting atau penataan cahaya adalah bagian terpenting dalam cinematografi, karena dengan penataan cahaya yang sedemikian rupa kita bisa menghasilkan gambar yang nggak cuma lebih berdimensi tapi juga bisa menyampaikan cerita secara efektif sesuai dengan cara kita menata cahaya.

    Kalau kalian sedang memulai belajar tentang penataan cahaya mungkin ada beberapa kesalahan yang dilakukan dan sebaiknya kalian dihindari. Berikut kami rangkum pada artikel ini mengenai 10 Kesalahan Setup Lighting Saat Melakukan Shooting.

    Baca Juga: Jenis Jenis Lighting

    Membiarkan Kabel Tergulung Saat Memakai Lampu Berdaya Tinggi

    Jangan menyalahkan lampu dengan kondisi kabel tergulung apalagi jika kamu memakai kabel roll terutama saat memakai lampu yang berdaya tinggi, karena lampu yang berdaya tinggi seperti lampu blonde yang cepat panas akan menghantarkan panas juga ke kabel. Jika kabel kondisi tergulung dan panas akan rawan meleleh dan terbakar. Jadi kalian usahakan jangan sampai ada gulungan kabel ya dan kabel tersenut harus kalian urai.

    Memakai Kabel Berdaya Hantar Arus Rendah

    Kesalahan yang kedua ini sangat penting juga yaitu kalian jangan memakai kabel overlength atau kabel perpanjangan yang mempunyai kemampuan hantar arus alias ampere di bawah dari beban arus listrik. Jika kalian memakai lampu yang berdaya listrik maksimal sampai 2500 watt sebaiknya kalian memakai kabel dengan kemampuan hantar arus minimal 16 ampere dan jika sampai 5000 watt harus memakai kabel 32 ampere.

    Jika kabel kalian memiliki daya hantar arus yang kurang dari seharusnya akan sangat rawan panas dan bisa terbakar. Pastikan kalian menggunakan kabel yang sesuai dengan arus yang akan dilewati.

    Baca Juga: Tips Mengatur Lighting Studio Foto

    Menaikan Batang Light Stand Dari Yang Paling Bawah

    Jangan menaikkan lampu dengan menarik batang stand yang paling bawah duluan karena kalian akan ke susahan kalau mau meninggikan lampu secara maksimal. Sebaikanya kalian tarik terlebih dulu batang stand yang paling atas dan baru kemudian yang di bawahnya, jadi lampu atau lighting kalian bisa maksimal tingginya.

    Lupa Memasang Sandbag

    Jika lighting kalian sudah terpasang rapih pada stand lighting sebaikanya jangan lupa memasang sandbag. Pasanglah sandbag di kaki light stand seperti contoh foto di kiri bawah ini atau kaki C-Stand yang paling tinggi seperti contoh foto di kanan bawah ini.

    10 Kesalahan Setup Lighting Saat Melakukan Shooting
    10 Kesalahan Setup Lighting Saat Melakukan Shooting

    Jika semakin berat beban lampu maka pasanglah sandbag yang banyak juga agar semakin aman kalau kesandung dan lighting atau lampu nggak akan tumbang atau jatuh saat terkena benturan.

    Menyalakan Lampu Atau Lighting Full Dimmer Tanpa Modifier Ke Wajah Talent

    Pada tips ini usahakan kalian jangan menyalakan lampu yang langsung mengarah ke wajah talent apalagi jika lampu itu tanpa modifier seperti diffuser dan full dimmer. Itu akan menyebabkan silau dan bahaya hingga bisa bikin buta juga loh jadi kalian harus hati-hati sekali ya.

    Lupa Mengontrol Available Light

    Selanjutnya kalian jangan lupa juga untuk mengontrol available light, klian juga harus memperhatikan apakah ada available light di dalam set tempat kalian shooting yang harus dimatikan, contohnya seperti lampu rumahan atau windows dari cahaya matahari yang bakal naik turun dan akan membuat konsistensi pencahayaan set berubah-ubah, kecuali memang begitu konsepnya.

    Menempatkan Lighting di Posisi yang sama dengan kamera

    Untuk kalian yang baru belajar penataan cahaya sebaiknya hindari dan jangan menempatkan lampu searah dan sejajar antara kamera dengan subjek alias frontal light. Itu akan membuat dimensi gambar terlihat flat sekali. Jadi ayo kalian pelajari cara untuk penempatan cahaya yang bener.

    Tidak Memperhatikan Temperatur Cahaya

    Biasanya para penata cahaya itu tidak memperhatikan teratur lampu. Jangan sampai kalian memakai lampu dengan temperatur warna yang berbeda-beda misalnya key light memakai 5.600 Kelvin dan satu lagi memakai 3.200 Kelvin nanti hasilnya bakal belang-belang.

    Dan jangan sampai lupa juga untuk memperhatikan settingan white balance pada kamer, kalau settingan WB di kamera tungsten tapi lampu day light gambarnya bakal jadi blue. Sebaliknya jika WB pada kamera day light dan lampu tungsten jadinya gambar pada kamera bakal kemerahan.

    Tidak Memperhatikan CRI (Color Rendering Index)

    Pada kesalahan yang 9 ini biasanya penata cahaya pemula itu tidak memperhatikan CRI lighting atau lampu. Apa sih yang di maksud dengan CRI? CRI adalah kependekan dari Color Rendering Index, ini adalah satuan kelengkapan spektrum warna cahaya yang bisa dihasilkan oleh sebuah sumber cahaya. Semakin tinggi nilai CRI maka semakin natural warnanya dan semakin mendekati kualitas dari cahaya ilahi alias cahaya matahari yang mempunyai CRI 100%.

    Mondar – Mandir Mengatur Dimmer

    Pada tips terkhir ini, kesalahan yang biasa di lakukan penata cahaya pemula yaitu selalu mondar-mandir untuk menaikan dan menurunkan dimmer atau mengontrol lampu. Padahal untuk jenis lighting atau lampu sekarang itu bisa dikontrol menggunakan remote atau apps yang ada di android atau ios loh.

    Kan kalian akan capek ya jika mondar-mandir dari monitor atau kamera ke lampu apalagi jika tombol control lampunya ada pada body lightingnya yang perlu kalian naik turunin untuk mengontrol lampu. Jadi usahakan untuk menggunakan lampu yang sudah bisa dikontrol pakai apps di Smartphone kalian, jadi enak banget kan.

    Bagaimana pembahasan untuk 10 Kesalahan Setup Lighting Saat Melakukan Shooting? kira-kira kalian pernah nggak melihat orang lain yang melakukan 10 kesalahan setup lighting saat melakukan shooting yang sudah kami tuliskan di atas tersebut.

    Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian juga ya.

    Baca Juga:

    • 10 Fitur Canggih Kamera Panasonic Lumix S5II
      Halo teman-teman fotografer dan videografer, pada artikel ini babproduction.id akan mengenalkan 10 Fitur Canggih Kamera Panasonic Lumix S5II. Artikel ini wajib kalian baca atau simak sampai selesai jika kalian adalah user atau pengguna dari kamera Panasonic Lumix S5 yang pengen upgrade ke kamera Panasonic Lumix S5II tapi masih ragu-ragu atau buat kalian yang sedang mencari kamera Hybrid… 
    • 10 Kesalahan Setup Lighting Saat Melakukan Shooting
      Halo sahabat dunia kreatif, pada artikel berikut babproduction.id akan membahas tentang 10 Kesalahan Setup Lighting Saat Melakukan Shooting. Yuk simak lengkapnya dibawah ini. Lighting atau penataan cahaya adalah bagian terpenting dalam cinematografi, karena dengan penataan cahaya yang sedemikian rupa kita bisa menghasilkan gambar yang nggak cuma lebih berdimensi tapi juga bisa menyampaikan cerita secara efektif… 
    • Tips Foto Dokumentasi
      Pada artikel yang kami buat kali ini, kami ingin sedikit membahasa mengenai tips foto dokumentasi untuk acara dan event. Tips ini sangat berguana banget buat kalian yang mungkin baru belajar fotografi dan saat ini sedang menjalankan bisnis jasa dokumentasi dan ingin mempelajari tentang cara foto dokumentasi yang baik. Nah disini kita akan coba bahas buat…