Tips Mengatur Lighting Studio Foto

Berikut ini kami akan memberikan Tips Mengatur Lighting Studio Foto yang Tepat Untuk Fotografer Pemula. Simak hal-hal berikut ini.

Halo buat para fotografer pemula, kali ini babproduction.id mau sharing tips mengenai mengatur lighting studio foto. Gimana caranya sih kalau misalkan kita ingin memotret sebuah keluarga di dalam studio foto, sebenarnya pertanyaannya ini banyak banget ya kalau kita lihat di forum-forum fotografi ataupun di komunitas fotografi yaitu bertanya mengenai Gimana caranya setting / mengatur studio lighting buat memotret model fashion ataupun foto keluarga.

Sebenarnya untuk peralatan-peralatan yang kalian butuhkan untuk di dalam sebuah studio foto yaitu yang pertama sudah pasti kamera dan juga lensa. Biasanya kalau lensa itu kita sarankan untuk pakai paling minimum itu 50mm f/1.4 karena untuk menghindari noise atau distorsi pada sebuah foto yang kalian potret. Tapi kembali ke konsepnya, karena adakalanya kalian memotret itu dengan noise / distorsi bisa memberikan efek yang sedikit berbeda. Jadi adakalanya motret fashion itu kadang-kadang bisa dari bawah dengan lensa wide itu bisa bikin efek yang berbeda, jadi kakinya bisa terlihat lebih panjang  atau dari atas itu bisa juga.

Biasanya untuk sebuah pemotret di dalam studio foto itu paling minim untuk studio lighting itu menggunakan tiga lampu atau teori dasarnya dengan menggunakan 3 point lighting. Kemudian kalian bertanya-tanya “Apa sih 3 point lighting itu?” Jadi kalian mungkin banyak yang awalnya bingung apa yang harus disiapkan kalau kita ingin memotret Talent / Model di dalam studio foto. Tips Mengatur Lighting Studio Foto

3 Point Lighting ini meliputi tiga buah lampu yang memiliki fungsi yang berbeda yaitu sebagai berikut:

  • Key Light
  • Fill Light
  • Backlight
Key Light

Key Light itu artinya adalah Main Light, jadi cahaya yang paling utama yang paling besar dan paling kuat. Nah itu biasanya fotografer menentukan dulu pertama kali ketika mau motret ingin memotret satu buah model / object atau misalkan satu orang menjadi subjek utamanya nah biasanya di tentukan lighting utamanya atau key light itu dari kiri, dari kanan atau dari atas.

Fill Light

Kemudian setelah itu ada yang namanya Fill Light. Jadi Fill Light ini adalah cahaya yang akan mengisi bagian area Shadow, karena kalau kalian pasang key light di bagian kiri pasti otomatis akan ada bayangan di sebelah kanan, bayangan ini kalian perlu tutupi. Tips Mengatur Lighting Studio Foto

Jadi kembalilah ke konsep ya semuanya kalau misalkan kalian ingin biarkan shadownya keras ya nggak apa-apa tapi biasanya banyak juga fotografer yang mengurangi. Biasanya shadow itu di kurangi dengan yang namanya adalah Fill Light.

Backlight

Dan yang ketiga adalah Backlight. Backlight itu biasanya untuk mencahayai bagian belakang object, jadi misalkan di studio itu di belakangnya ada kain biasanya kain ini di sinari oleh cahaya supaya tidak terlalu gelap dan biasanya kalau misalnya rambut modelnya hitam kemudian background nya juga gelap Nah itu biasanya butuh untuk memisahkan dimensinya.

Jadi dimensi antara seorang ini dengan background itu harus dipisahkan dengan menggunakan Backlight.

Jadi untuk formulasinya dalam settingan atau mengatur lighting studio foto tidak ada settingan yang bener-bener baku banget, memang pada basicnya adalah menggunakan aperture sekitar f/11 dengan menggunakan shutter speed 1/125. Biasanya disetting seperti itu karena lampu itu tidak semuanya memiliki fasilitas HSS (High-Speed Sync).

Kalau kalian pernah memotret menggunakan speedlight kemudian setting speednya diatas 1/200 kemudian hasil fotonya ada seperti garis hitam setengah, Nah itu artinya memang menggunakan settingan yang salah pada speednya. Itu akan hilang kalau lighting kalian memiliki fasilitas High-Speed Sync (HSS) jadi harus ada lampu khusus yang bisa digunakan, tapi settingan di dalam sebuah studio itu semua settingannya tidak ada bakunya.

Untuk kalian jika memotret lebih dari 2 atau 3 orang model di dalam studio kalian bisa menggubaka light modifier yang lebih lebar jadi untuk bagian atasnya menggunakan octabox. Jadi light modifier tuh bener-bener disesuaikan dengan produk atau objek yang kalian ingin foto semakin banyak  objeknya otomatis kalian akan butuh light modifier yang semakin luas.

Oke itu saja mengenai Tips Mengatur Lighting Studio Foto yang Tepat Untuk Fotografer Pemula. Jangan lupa share ke teman-teman kalian yang ingin belajar lighting studio foto. Terimakasih

Baca Juga: