Tips Foto Makanan Untuk Online Shop

Tips Foto Makanan Untuk Online Shop

Hai kali ini babproduction.id mau sharing mengenai Tips Foto Makanan Untuk Online Shop. Nah kita percaya pasti banyak banget dari kalian yang bisnis makanan, karena makanan itu salah satu kebutuhan konsumsi setiap hari ya. Jadi otomatis semua orang pasti akan  mencari makanan. Makanan itu bisa kita bikin sendiri atau bisa juga kita jadi reseller menjualkan orang punya  makanan.

Sekarang ini karena lagi masa PSSB seperti ini, otomatis semua orang pengen beli makanannya online. Nah kita itu harus punya gambar atau foto makanan yang mewakili dan yang kelihatan enak pastinya, jadi orang terpancing untuk beli makanannya. Berikut ini beberapa Tips / Cara Foto Makanan Untuk Online Shop:

  • Mengenali Makanan
  • Tambahkan Properti
  • Konsep Foto
  • Mengenali Teori Warna
  • Post Processong / Editing
Mengenali Makanan
Tips Foto Makanan Untuk Online Shop. Banyak Tips yang bisa kalian pelajari untuk memulai memotret Foto Makanan pada bisnis yang kalian lakukan

Tips yang pertama untuk Foto Makanan kalian harus Mengenali Makanannya. Jadi kalian harus tahu kalian itu berjualan makanan apa, tapi kalau misalkan kalian bingung coba mulai dari alas yang berwarna polos. Contohnya kalian bisa menggunakan kertas warna putih atau kertas HVS untuk backdrop atau dari card board nanti tinggal diwarnain aja, jadi nanti kita bisa bikin motif-motif yang kita mau. Nanti kalian tinggal letakkan produk makanannya diatas kertas atau card board tersebut.

Tambahkan Properti
Tips Foto Makanan Untuk Online Shop. Banyak Tips yang bisa kalian pelajari untuk memulai memotret Foto Makanan pada bisnis yang kalian lakukan

Untuk tips keduanya kalian bisa Tambahkan Properti pada setiap produk makanan yang akan kalian foto. Jadi elemen-elemen properti itu bisa menambah unsur-unsur estetika dalam sebuah foto makanan kalian. Untuk melihat komposisinya kira-kira sudah sesuai dengan yang kalian inginkan atau belum kalian bisa menggunakan smartphone untuk kira-kira melihat komposisi sudah sesuai belum dan kira-kira apa yang kurang. Kalian bisa juga menggunakan tripod dan kamera sehingga kalian bisa lihat komposisi seperti apa dan mengira-ngira apa aja unsur yang  kita perlu tambahkan atau kita hilangkan.

Pemotretan foto makanan untuk komersial biasanya memang makanannya tidak bisa dimakan, beberapa memang dibuat untuk tidak bisa dimakan jadi dia dibuat misalnya setengah matang atau kemudian dioles dengan sesuatu yang memang bukan untuk dikonsumsi. nah tapi untuk tips yang kali ini karena ini untuk berjualan online jadi kalian tidak harus sampai level seperti itu, kalian cukup menggunakan apa yang kalian miliki kemudian dimaksimalkan. Karena kita percaya bahwa kalian juga pasti ingin berhemat  biaya sehingga bisa memaksimalkan apa yang kalian miliki.

Untuk memaksimalkan detail kalian bisa juga menggunakan tepung ya kalau misalkan fotonya memang foto makanan atau roti. Jadi coba kalian create imagenya memang seolah-olah seperti dapur baru selesai masak gitu jadi masih berantakan seperti dapur. Selanjutnya kalian tinggal eksplorasi Angle fotonya mau seperti apa yang kalian inginkan. Tips Foto Makanan Untuk Online Shop

Konsep Foto
Tips Foto Makanan Untuk Online Shop. Banyak Tips yang bisa kalian pelajari untuk memulai memotret Foto Makanan pada bisnis yang kalian lakukan

Tips yang ketiga adalah Konsep Foto. Jadi kalian kalau misalnya ingin menampilkan yang lebih jadi kalian bisa memaksimalkan konsepnya dengan menggunakan alas-alas atau backdrop yang berwarna atau bermotif. Sebuah konsep itu berkaitan erat dengan sugesti persepsi dari orang yang melihatnya, jadi misalnya kalau kita bicara produk Indonesia nah akan cocok dengan unsur-unsur kayu dan etnik. Tapi kalau misalnya kalian ingin memotret produk yang modern atau mungkin produk-produk ABG seperti misalnya minuman Boba atau Babel mungkin bisa menggunakan alas-alas yang berwarna pastel.

Sama seperti tadi kita membutuhkan properti-properti tambaha seperti kain atau serbet lalu kemudian untuk ganjelannya atau tatakan produknya kalian bisa menggunakan tutup plastik atau masa alas-alas kayu. Ini biasanya digunakan untuk leveling produknya supaya produknya enggak tenggelam  dan bisa lebih menonjol. Setup juga  berpengaruh pada pengambilan atau Angle.

Mengenali Teori Warna

Untuk tips yang keempat adalah mengenali Teori Warna pada sebuah karakter makanan itu sendiri. Jadi kalau kalian belum pernah denger Apa itu teori warna bisa di browsing atau di Google ataupun baca artikel kita tentang Teori Warna. Teori warna itu banyak banget jenisnya dan kalian bisa menentukan kira-kira mau di warna seperti apa, kalau kalian misalnya suka dengan yang lebih simple atau minimalis bisa juga dengan menggunakan teori-teori warna monoton jadi hanya ada satu warna dengan gradasinya dalam sebuah foto.

Teori warna ini akan mempengaruhi mood dari orang yang melihatnya, jadi kalau kita ingin meletakkan banyak banget warna dalam satu buah frame hasilnya akan tidak maksimal kadang-kadang kita hanya memerlukan dua tone warna dan turunannya atau tiga tone atau empat tone. Dari situ kalian sesuaikan dengan konsep yang kalian ingin buat.

Post Processong / Editing

Tips yang kelima adalah Post Processong / Editing. Dalam sebuah foto kita perlu juga menghasilkan mood dari warnanya, jadi color grading itu menjadi  satu unsur yang penting, kalau kalian pernah melihat sebuah foto kayaknya tadinya biasa-biasa aja ya tapi setelah di editing kok moodnya jadi tambah  enak.

Nah itu penting banget buat kalian untuk belajar apa itu post-processing, sehingga kalian tahu gimana caranya mengedit sebuah foto dengan baik dan benar. Kalau kalian ingin menciptakan foto yang tidak biasa kalian bisa melakukan foto manipulasi.

Kemudian software Apa sih  yang harus digunakan untuk membuat foto manipulasi, kalau misal kalian enggak punya laptop kalian bisa melakukan  post-processing untuk color grading dengan menggunakan aplikasi di  smartphone atau handphone. Itu bisa dengan aplikasi Snapseed, Lightroom Mobile atau dengan Vsco itu banyak banget aplikasi-aplikasi yang bisa  digunakan. Tapi kalau kalian ingin melakukan foto manipulasi kita sarankan dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Tips Foto Makanan untuk kebutuhan online shop sudah selesai. Jangan lupa share Artikel ini keteman-teman kalian ya.

Baca Juga:

Berikut ini beberapa Jasa yang kami tawarkan: