Tips Belajar Film Pendek Tanpa Sekolah Film

3 Tips Belajar Film Pendek Tanpa Sekolah Film. Untuk kalian yang sedang belajar membuat film pendek untuk tugas kampus wajib baca tulisan ini

Halo semuanya admin babproduction.id kali ini bakal ngomongin 3 Tips Belajar Film Pendek Tanpa Sekolah Film. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahasa tentang Susunan Divisi Kru Pembuatan Film dan Perbedaan Sinematografi dan Videografi.

Nah kali ini kita bakal ngasih tips untuk kalian, Gimana caranya belajar film pendek ataupun membuat film pendek tanpa harus sekolah film. Tips yang bakal kita kasih ini berasal dari pengalaman pribadi bebrapa tim BAB Production dulu waktu belajar film pendek secara otodidak dan bahkan sampai sekarang pun tim kita juga masih jalanin sih walaupun beberapa sudah ada yang sekolah film, karena beberapa tips yang akan kita share universal banget. Beikut ini beberpa tipsnya ya guyss

Banyak Nonton Film

Jadi tips yang pertama adalah Banyak Nonton Film. Kalau mau bikin film ya harus rajin nonton film, tonton semua jenis film seperti:

  • Film Horor
  • Drama
  • Comedy
  • Thriller
  • Dll

Tontonlah berbagai jenis film lainnya dari berbagai negara seperti:

  • Hollywood
  • Bollywood
  • Korea
  • Eropa
  • Asia
  • Indonesia

3 Tips Belajar Film Pendek Tanpa Sekolah Film – Pokoknya kalian jangan sampai ant sama film tertentu. Kebanyakan orang yang ngomong nggak nonton film Indonesia jelek, nah coba hindarin itu karena kita nonton film tujuannya untuk belajar. Belajar nggak melulu liatin yang bagusnya aja, dengan merhatiin kekurangan suatu film kita bisa juga belajar dari kekurangan itu dengan belajar dari kekurangan film itu kita bisa menghemat waktu kita untuk nggak ngelakuin kesalahan yang sama waktu kita bikin film.

Selain itu dengan nonton banyak film Kita juga bisa punya banyak referensi waktu kita mau bikin film kita. Tips dari kita kalau nonton film usahain tonton berulang-ulang apalagi kalau filmnya yang kita tonton bagus banget. Nonton pertama untuk nikmatin kemudian nonton-nonton yang selanjutnya untuk dipelajarin. Mungkin buat temen-temen yang lagi belajar penyutradaraan bisa merhatiin blocking nya, kemudian bisa merhatiin staging secara lebih detail, kemudian hal-hal lainnya mungkin pengadeganan dan lain-lain.

Kemudian untuk kalian yang belajar DOP mungkin bisa melihat penggunaan lensanya, pergerakan kameranya, komposisinya atau pencahayaannya dan untuk yang belajar penata artistik mungkin juga bisa ngeliatin pemilihan warna, properti dan hal-hal lainnya, begitu juga dengan kalian yang mau belajar hal lain editor penulis naskah dan lain-lain.

Nah setelah nonton usahain untuk dicatat keunggulan dan kekurangan filmnya atau hal-hal lain yang kalian rasakan penting untuk dicatat dan usahain juga untuk Enggak cuma nonton film panjang, banyakin juga nonton film pendek karena kita mau bikin film pendek.

Selain di YouTube Kalian bisa coba cek di viddsee.com atau download aplikasinya di Google Play dan App Store, di aplikasi viddsee ini kita bisa nonton banyak banget film-film pendek yang bagus. 3 Tips Belajar Film Pendek Tanpa Sekolah Film

Banyak Membaca

Tips kedua adalah Banyak Membaca. Praktek penting banget tapi kita harus tahu dasarnya juga dan untuk tahu dasar-dasarnya kita harus banyak-banyak baca buku tentang film, nyari artikel film, review film, jurnal dan beberapa literatur lain. Pada waktu kita lagi baca buku biasanya kita bakal ketemu banyak banget film-film referensi yang dibahas sama si penulis buku, makanya tadi di tips pertama kita bilang banyak-banyak nonton film. Jadi waktu kita baca baca buku kita udah langsung tahu film apa yang lagi dibahas, kan jadinya lebih enak lebih hemat waktu juga

Nonton Tutorial Film

Tips yang ketiga adalah Nonton Tutorial Film. Kita sekarang ada di zaman yang semua informasi itu bisa kita dapat gratis dan gampang banget, cuma modal kuota doang. Video-video tutorial film udah bertebaran dimana-mana apalagi di YouTube, kalau kalian pengen belajar film coba kalian subscribe sebanyak-banyaknya nya channel-channel film dan nyalain loncengnya supaya setiap mereka upload video kalian bisa langsung belajar dan itu gratis loh nggak perlu bayar mahal-mahal kayak di sekolah film.

Oke sekian dulu video tentang 3 Tips Belajar Film Pendek Tanpa Sekolah Film. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.

Baca Juga: Tips Belajar dan Berlatih Fotografi, Jenis Jenis Lighting Untuk Film