Jenis Jenis Kamera untuk Fotografer Pemula Bisa Menjadi Referensi

Jenis jenis kamera untuk fotografer pemula memiliki harga bervariasi. Setiap produk mempunyai spesifikasi menarik yang bisa memenuhi kebutuhan pemiliknya. Bagi pemula, terutama yang masih awam mengenai varian kamera biasanya bingung untuk memilih.

Bila ada teman yang membantu mencarikan rekomendasi produk paling tepat mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Lain halnya ketika harus mencari informasi sendiri, diperlukan usaha lebih untuk mendapatkan produk terbaik.

Tapi, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan memilih dari beberapa opsi berikut. Pilih yang sesuai budget dengan spesifikasi paling cocok dengan minat Anda.

Inilah Jenis Jenis Kamera untuk Fotografer Pemula Yang Bisa Menjadi Referensi Untuk Kamu

Bukan hanya teknik pengambilan gambar yang berpengaruh terhadap hasilnya, tapi juga pemilihan jenis kamera. Inilah jenis-jenis kamera untuk fotografer pemulabisa Anda jadikan referensi pilihan, antara lain:

Fujifilm X-T200

Jenis jenis kamera untuk fotografer pemula pertama adalah Fujifilm yang memiliki tipe X-T200. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Fujifilm merupakan salah satu produsen kamera menjadi andalan banyak fotografer.

Produk yang pertama kali rilis pada tahun 2018 ini mampu merekam video hingga 4K. Bila dibandingkan pendahulunya, yaitu Fujifilm X-T100, seri ini lebih ringan, yaitu berbobot sekitar 80 gram.

Ukuran layar sentuhnya sekitar 3,5 inchi. Anda bisa melipat bagian layarnya sampai berukuran 180 derajat, sehingga memudahkan selfie dan melakukan vlogging. Disayangkan, Fujifilm X-T200 ini memiliki daya tahan baterai standar.

Untuk harga jenis jenis kamera untuk fotografer pemula satu ini sekitar 13 jutaan. Anda bisa memperolehnya dengan harga lebih murah bila membeli dalam kondisi second atau tidak baru.

Nikon D3500

Produk berikutnya adalah Nikon D3500 yang merupakan perangkat fotografi paling efektif bagi pemula karena mudah dioperasikan. Kamera mirrorless ini memiliki jumlah piksel 24,2 MP. Angka ini sama seperti generasi sebelumnya, yakni D3400.

Sensor APS-C yang dimilikinya memakai filter low pass optic. Fungsinya yaitu membantu meningkatkan kualitas gambar. Ukuran display produk ini yaitu 3 inchi. Pemasangan layarnya permanen, sehingga tidak bisa ditekuk dan dilipat.

Selain itu, jenis jenis kamera untuk fotografer pemula satu ini belum memberikan fitur layar sentuh alias touch screen. Kekurangannya yang lain adalah tidak dapat terhubung dengan WiFi, tapi bisa melalui bluetooth. Harga untuk produk barunya kisaran 6 jutaan.

Nikon D5200
Kamera Fotografer Pemula

Berikutnya, masih produk keluaran Nikon, tapi tipe D5200. Produk ini mempunyai sensor sekitar 24,1 MP yang mampu merekam gambar secara mendetail dan cukup rapat. Ukuran LCD fleksibel dapat diputar yang dimiliki yaitu 3 inchi.

Bobotnya sekitar 505 gram dengan ukuran dimensi 129 x 98 x 78 mm. Anda bisa memperoleh produk ini dengan harga sekitar 6 jutaan. Bisa lebih murah bila membelinya dalam kondisi bekas.

Adanya ISO 25600 yang dimiliki mendukung proses penangkapan gambar di area dengan tingkat pencahayaan minim. Kekurangan Nikon D5200 yaitu tidak memiliki motor fokus dan kapasitas baterainya kecil.

Sony A6000
Jenis Jenis Kamera untuk Fotografer Pemula

Jenis jenis kamera untuk fotografer pemula selanjutnya adalah Sony A6000. Besar resolusinya mencapai 24,3 MP dan dilengkapi sensor APS-C. Kamera mirrorless satu ini sudah dilengkapi dengan fitur fast hybrid AF.

Produk ini mampu mendeteksi titik fase sejumlah 179 dan sudah mendukung video full HD 1080. Beratnya hanya sekitar 1,35 kg dengan ketebalan tanpa lensa sekitar 1,8 inchi. Fitur lainnya yang tidak kalah menarik yaitu dilengkapi flash internal serta multi interface.

Dari segi kekurangan, produk ini memiliki baterai yang bisa tergolong cukup boros. Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan baterai grip untuk menambah kualitas daya. Kekurangan lainnya belum mendukung 4K. Kisaran harganya 9 hingga 13 jutaan.

Olympus OM-D E-M10 Mark IV

Jenis jenis kamera untuk fotografer pemula yang bisa dijadikan referensi pilihan selanjutnya adalah keluaran dari Olympus. Produk kamera mirrorless ini mempunyai dimensi yang ringkas.

Resolusi yang dimiliki sebesar 20 MP dengan tipe four third live MOS. Sedangkan untuk jenis prosessornya adalah truepic VIII yang menjanjikan performa AF lebih baik. Ketika Anda memakai mode burst, kecepatan yang dihasilkan sekitar 15 fps.

Dari segi layanan untuk video, produk ini mampu melakukan perekaman hingga resolusi 4K dengan kecepatan 30 fps. Terkiat harga, Anda bisa memperolehnya dengan harga sekitar 10 hingga 12 jutaan.

Canon EOS 250D
Jenis Jenis Kamera untuk Fotografer Pemula Yang Bisa Menjadi Referensi

Canon EOS 250D merupakan salah satu dari jenis jenis kamera untuk fotografer pemula yang mempunyai berat 450 gram. Nama lain varian ini adalah Kiss X10, Rebel SL3 serta EOS 200 DII menyesuaikan dengan wilayah pemasaran.

Sensor yang dimiliki berupa APS-C CMOS dengan ukuran 24 MP disertai prosesor DIGIC 8. Bagian layar LCD produk ini berukuran 3 inchi dan sudah didukung dengan touch screen. Bukan hanya itu, layarnya juga dapat diputar ke depan untuk memudahkan selfie.

Bila diperhatikan, banyak kemiripan antara varian ini dengan EOS 50M. Untuk merekam video 4K, Canon EOS 250D sudah mumpuni dengan 25 fps atau 23,98 fps. Kisaran harga produk ini adalah 8 hingga 16 jutaan.

Canon EOS 1300D
kamera fotografer pemula

Jenis berikutnya masih varian Canon EOS, tipenya 1300D yang rilis pada tahun 2014 silam. Dari segi desain, produk varian ini sama dengan pendahulunya yakni tipe 1200D, di mana bagian bodi tidak terlalu besar.

Walaupun sudah terpasang lensa kit 18-55 mm, jenis jenis kamera untuk fotografer pemula satu ini masih termasuk kategori ringan. Jadi, ideal dibawa untuk tujuan bepergian.

Ukuran layar LCD yang dimiliki varian ini sekitar 3 inchi. Disayangkan, pada bagian tombolnya memiliki bentuk rata dengan bodi. Hal ini membuat tombol terasa kurang nyaman saat ditekan. Menariknya, varian ini mempunyai fitur WiFi serta NFC.

Jadi, Anda bisa mengkoneksikan atau menghubungkan kamera dengan perangkat lainnya. Resolusi sensor CMOS APS-C sebesar 18 MP dan didukung dengan prosesor Canon DIGIC 4+. Terkait harga mencapai 4 hingga angka 13 jutaan, tergantung kondisi kamera.

Panasonic Lumix DMC-G7
Jenis Jenis Kamera untuk Fotografer Pemula Yang Bisa Menjadi Referensi

Produk yang bisa dijadikan referensi bagi fotografer pemula lainnya adalah keluaran Panasonic Lumix dengan tipe DMS-G7. Salah satu dari jenis jenis kamera untuk fotografer pemula satu ini bisa Anda peroleh dengan harga 7 jutaan.

Prosesor yang dimiliki Venus Engine 9 dengan sensor MOS sebesar 16 MP. Kamera mirrorless satu ini sudah mendukung perekaman video 4K, 4K foto serta DFD auto fokus. Tentu saja Panasonic Lumix DMC-G7 sudah layar sentuh.

Panasonic Lumix G100
produk kamera fotografer pemula

Jenis terakhir juga keluaran dari Panasonic, variannya Lumix G100. Produk ini terkenal dengan tagline stree free vlogging yang mempunyai pengertian kamera dirancang secompact dan sesederhana mungkin bagi pengguna pemula.

Selain itu, juga dilengkapi dengan fitur menarik yang membantu proses pembuatan video vlogging. Bukan hanya compact, produk ini mempunyai built-in mic cukup pintar. Untuk beratnya sendiri hanya sekitar 352 gram ditambah baterai. Harganya sekitar 10 jutaan.

Bila Anda bertanya, lalu manakah dari sekian banyaknya produk kamera paling bagus untuk fotografer pemula? Semuanya bagus karena memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa memilih jenis jenis kamera untuk fotografer pemula di atas sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: