Tips Foto Untuk Make Up Artist

Tips Foto Untuk Make Up Artist

Bagimana sih Tips Foto Untuk Make Up Artist agar hasilnya bagus di post pada instagram. kalau kita bicara mengenai profesi makeup artist atau yang biasa dikenal juga  dengan istilah MUA, nah ini biasanya memang banyak orang yang sudah mulai melirik jasa makeup artist ini jadi banyak orang melirik ke profesi makeup artist ini.

Kenapa menjadi menarik karena zaman sekarang itu mulai banyak orang yang misalkan pergi ke acara keluarga atau acara kantor atau mungkin acara pernikahan. Biasanya mereka ingin tampil lebih cantik daripada biasanya, maka dari itu mereka menghire atau mencari jasa makeup artist ini. Dan untuk para jasa fotografer biasanya kalau memotret untuk fashion atau mungkin untuk foto profile seseorang udah pasti kita mencari make-up artist.

Make Up artist dan Fotografer ini juga sama-sama seniman ya, jadi mereka  ini memiliki hasil karya yang berbeda-beda ada mungkin orang yang suka  make upnya lebih ke beauty, ada juga yang  mungkin make up lebih ke karakter atau mungkin bisa juga make up yang 3D dan juga banyak macamnya daripada itu.

Makanya mereka ini banyak menampilkan hasil karyanya itu di instagram, karena zaman sekarang itu sosial media udah pasti jadi tempat buat mencari apapun sebenarnya. Di sana banyak banget kita bisa mencari  jasa-jasa makeupartist ini.

Dengan sosial media ini jasa kalian itu bisa ditampilkan, jadi misalkan kalian tampilkan beforenya setelah itu ada afternya itu bisa untuk melihat sejauhmana skill yang kalian memiliki, skill yang makeup artis ini memiliki. Dari situ peran foto atau hasil akhirnya itu menjadi satu hal yang penting jangan sampai orang mispersepsi dengan skill yang kita miliki.

Dan pada artikel kali ini babproduction.id akan share mengenai tips & cara untuk kalian yang berprofesi Make Up Artist (MUA) supaya bisa menampilkan hasil fotonya lebih maksimal. Berikut ini adalah Tips & Caranya:

Pilih Kamera yang Sesuai

Hal yang pertama harus kalian perhatikan adalah Memilih Kamera. Jadi kalian bisa menggunakan smartphone, smartphone itu sebenarnya saat ini sudah menjadi alat yang sangat-sangat cukup banget buat kalian mengabadikan hasil karya, yaitu contohnya hasil karya make up ataupun produk lainnya.

Jika kalian ingin hasil yang lebih maksimal teman-teman  bisa menggunakan kamera mirrorless dan kamera yang bisa menggunakan lensa yang memiliki Bukaan atau dalam bahasa inggris Aperture yang lebih besar. Supaya  kalian bisa mendapatkan mood yang lebih berbeda.

Pilih Lensa yang Cocok

Kalau bicara mengenai kamera otomatis erat banget kaitannya dengan lensa karena kalau kita bicara lensa, lensa itu ada macam-macam yaitu ada lensa wide, lensa tele ada juga lensa-lensa yang medium range dan lensa medium range adalah lensa yang masuk ke dalam kategori fix dan juga lensa lensa zoom. Kalau kalian ingin tahu informasi lebih lanjut bisa baca pada artikel ini “Cara Memilih Lensa Kamera.

Untuk lensa sendiri kalian bisa memilih lensa-lensa yang memiliki range middle atau tele, jangan menggunakan lensa-lensa wide. Karena kalau kalian  ingin memotret seseorang atau wajah seseorang kemudian kalian menggunakan lensa wide otomatis wajah orang yang kita foto itu terkena distorsi.

Jadi pasti akan tampil lebih gemuk dan lebih gemuk daripada aslinya, nah itu biasanya kalau wanita pasti nggak suka kalau tampil lebih gemuk daripada aslinya jadi kalian harus perhatikan banget lensa yang digunakan, jangan menggunakan lensa lebar atau lensa wide.

Pilih Lighting / Lampu Untuk Foto Make Up

Kemudian peralatan lain yang dibutuhkan selain kamera dan lensa adalah lampu atau lighting. Kalian mungkin pernah melihat jadi kalau make up artist biasanya kan ada satu koper yang beauty case situ pasti ada lampunya tuh, nah lampu di situ sebenarnya sudah cukup banget tapi kalau kalian ingin lebih daripada itu kalian juga bisa menyiapkan yang namanya ring light.

Kenapa ring light ini menjadi menarik? karena pada saat kita memotret model atau talent kalian, kalian bisa lihat di dalam bola matanya itu ada  seperti lingkaran nah lingkaran itu adalah pantulan dari lampu ring light ini sendiri. Jadi biasanya banyak banget orang yang suka banget dengan efek dari lampu ring light itu.

Explore Angle atau Cara Foto Untuk Make Up

Kalau tadi kita sudah membahas mengenai kamera, lensa dan juga lighting  nah sekarang yang kalian harus explore adalah angle. Angle ini menjadi satu hal yang penting bila kalian ingin menampilkan hasil karya kita, jadi kalau foto make up atau foto beauty biasanya ada beberapa angle yang harus  diperhatikan dan biasanya udah pasti itu harus tampak depan, itu udah harus mutlak.

Kemudian biasanya kita akan mengambil yang mungkin sedikit lebih miring kekanan atau mungkin sampai miring sekalinya sampai 90° dan demikian sebaliknya di sisi sebaliknya. Jika misalnya kalian lihat juga ada beberapa angle juga yang harus diperhatikan adalah angle ketika dia menutup mata atau melihat kebawah tujuannya adalah untuk melihat kan bagian eyeshadow atau bulu mata ya atau hiasan-hiasan disekitar mata ini supaya tampak lebih jelas dan lebih detail.

Jadi biasanya kalau buka mata make up di bagian mata eyeshadow gak begitu kelihatan tapi ketika dia menutup mata atau melihat kebawah detail di atas mata ini biasanya lebih  nampak.

Before & After

Terkadang yang suka kelupaan itu kalau di perhatikan dari make up artist mereka lupa menampilkan foto sebelumnya atau kadang-kadang mungkin ada klien mereka yang tidak suka ditampilkan foto sebelumnya, itu sebenernya tidak masalah itu kembali ke perjanjian kita dengan si talent atau klien kalian itu apakah dia suka ditampilkan foto sebelumnya atau hanya ditampilkan foto akhirnya saja, yang pasti informasi ini harus jelas jadi jangan terlalu banyak meletakkan properti atau ornamen dalam sebuah foto.

Jadi namanya beauty shoot atau foto yang benar-benar menampilkan hasil make up dibuat sebisa mungkin hanya dari bagian dada ke atas, jadi jangan yang dilihatkan satu badan gitu, karena kalau kalian tampilkan satu badan wajahnya jadi enggak terlalu kelihatan atau nggak terlalu ke fokus tapi  karena orang yang memiliki profesi makeup artist atau jasa make up artist otomatis yang harus ditampilkan adalah sebatas make up itu sendiri.

Menguasai Hair Styling

Kemudian apa kabarnya dengan orang-orang atau make up artis yang menguasai harus saling juga. Hai Styling atau hair stylist itu adalah ilmu untuk menghias rambut, biasanya ini menjadi satu paket yang sangat penting juga kalau kalian mungkin make up artist dan juga merangkap mungkin satu tim dengan orang-orang yang bisa melakukan hairdo itu menjadi informasi yang penting juga untuk kalian sampaikan atau promosikan dalam sosial media kalian jadi tidak hanya bagian muka saja.

Sama halnya dengan muka, rambut juga harus kalian tampilkan dari sisi depan, sisi samping kanan sampai kiri kemudian juga dari bagian belakang. Dengan begitu informasi itu benar-benar tersampaikan secara jelas di dalam  setiap foto yang kalian upload dan promosikan. Tips Foto Untuk Make Up Artist

Lokasi Pengambilan Foto

Setelah itu yang harus diperhatikan adalah lokasi pengambilan foto itu sendiri. Mungkin kalian pernah lihat nih hasil karya orang background nya itu berantakan misalnya terlalu banyak informasi di belakangnya ada orang lalu-lalang atau apa.

Kalau kalian ingin yang lebih mudah dan gampang kalian bisa mencari tembok polos dan jangan menggunakan tembok yang terlalu banyak detailnya misalnya tembok yang memiliki wallpaper warna-warni, itu bisa mengganggu hasil karya kalian jadi sebisa mungkin coba cari background yang berwarna polos

Perhatikan Detail Foto

Kemudian kalian juga harus memperhatikan detail. Detail tuh menjadi satu part yang sangat-sangat penting di setiap foto apapun, jadi disini kalau kalian ingin make up, make up itu ada macem-macem jadi make up untuk wajah itu biasanya ada yang doff ada yang semi-gloss ada juga yang gloss.

Biasanya beda di Highlight jadi itu macam-macam banget, kalian harus tahu dulu nih make up yang dibuat make up seperti apa, apakah kalian make up yang doff, semi gloss atau yang gloss.

Kalian harus menampilkan itu sesuai dengan konsep yang kalian ingin tampilkan karena manusia itu kan memang berkeringat memiliki pori-pori dan berkeringat. Pada saat modelnya ini udah bergerak berapa lama kemudian kalian foto nah ternyata banyak keringat-keringat yang keluar atau highlight-highlight yang muncul.

Adakalanya sebelum pemotretan kalian harus bersihkan dulu jadi harus pastikan yang kalian ingin tampil itu seperti. Jangan sampai kalian ingin menampilkan make up yang doff tapi hasilnya ternyata terlalu gloss karena keringat dari si modelnya tersebut

Editing

Tips Foto Untuk Make Up Artist Yang terakhir dan juga menjadi poin penting jika ingin menampilkan hasil karya kalian adalah editing. Banyak banget dari kalian yang baru mulai terjun di bidang jasa fotografi kebanyakan overdo pada saat editingnya, jadi biasanya nih tendensinya kalau kalian yang baru belajar cenderung ingin menampilkan warna yang lebih saturated.

Warna saturated ini adakalanya bagus adakalanya juga tidak bagus jadi kalian harus tahu warna yang paling sesuai dengan karya atau mood yang ingin kalian tampilkan. Kemudian setelah itu juga jangan mengedit terlalu berlebihan, jadi misalkan pori-porinya hilang atau mungkin dibuat terlalu glossy ataupun dibuat selalu glowing.

Kalau saran dari kita editing seminimal mungkin karena yang kalian ingin hasilkan adalah hasil make up kalian itu jadi bukan dari foto untuk sebuah seni yang bener-bener diolah sedemikian rupa gitu. Jika kalian ingin menampilkan makeup sebisa mungkin make up itu tersampaikan informasinya dengan baik dan benar.

Demikian Tips Foto Untuk Para Make Up Artist. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.

Baca Juga: