Tips Menjadi Freelance Fotografer

Tips agar kalian Sukses Menjadi Freelance Fotografer. Hal-hal yang perlu kalian pelajari dan lakukan sebelum memulai karir sebagai freelance

Halo semuanya di artikel kali ini kami akan ngomongin atau membahas soal dunia Freelance yaitu mengenai Tips Menjadi Freelance Fotografer, nah dan pada artikel ini kami juga akan share ke kalian beberapa tips buat kalian yang berminat untuk memulai karir sebagai seorang freelancer fotografer.

Ketika kita ngomongin soal freelance mungkin banyak dari kalian akan berpikir langsung “wah sesuatu saling menantang atau mengerikan karena ketidak pastian yang ditawarkan” dibandingkan kalau misalkan kalian kerja fulltime pada sebuah perusahaan yaitu Nine to Five, dimana kalian sudah punya tanggal pasti kapan mendapatkan gaji.

Penting untuk diingat menurut kami bahwa freelance itu bukanlah untuk semua orang ya, karena tergantung dari situasi kalian seperti apa dan kebutuhannya juga apa. Jadi kalian yang perlu evaluasi sendiri apakah kalian bisa untuk mengambil resiko dalam dunia freelance atau tidak. Tapi nanti kami akan bahas lebih lanjut dan semoga kalian bisa belajar sesuatu artikel ini, karena kami akan share dari pengalaman beberapa tim BAB Production sebagai seorang freelancer.

Oke tanpa perlu berlama-lama lagi kita langsung aja bahas Tips Menjadi Freelance Fotografer di bawah ini:

Skill

Tips yang pertama untuk memulai karir sebagai seorang fotografer freelance yaitu Skill. Menurut beberapa orang modal awal yang sangat penting dalam memulai sebuah karir Freelance adalah Skill. Apakah Skill sudah memenuhi standar dari industri profesional atau belum, karena skill kalian itu sangat menentukan seberapa besar peluang atau kesempatan kalian bisa mendapatkan klien.

Cara untuk cek skill kita sudah memenuhi standar industri atau belum adalah simpelnya ketika ada orang yang mau bayar buat jasa kalian itu artinya skill kalian sudah memenuhi industri profesional, kalau belum jangan berkecil hati kalian bisa terus belajar dan terus asah kemampuan kalian atau bisa juga dengan belajar dari orang yang sudah profesional ataupun orang yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut. Jadi kalau misalnya seperti itu pasti akan ada kesempatan dimana kalian bisa mendapatkan pekerjaan.

Menjual Jasa Freelance di Marketplace

Dengan kemudahan di zaman sekarang ini teman-teman bisa mendapatkan peluang yang lebih besar dengan bantuan yang namanya internet, kalian bisa memanfaatkan peran internet secara lebih maksimal lagi untuk mendapatkan klien. Salah satu caranya kalian bisa dengan bergabung di marketplace penyedia jasa freelance seperti sociabuzz gigs, pada marketplace ini kalian bisa menjual jasa atau skill kalian misalnya fotografi, videografi, editing, desain atau bikin website dan sebagainya.

Dengan adanya marketplace penyedia jasa freelance seperti ini teman-teman bisamen dapatkan peluang yang lebih besar lagi untuk mendapatkan klien dan juga mendapatkan penghasilan tambahan. Cara daftarnya juga gak ribet teman-teman tinggal perlu luangin waktu aja sebentar untuk isi data-datanya dan kalian sudah bisa menjual jasa kalian pada penyedia jasa freelance di marketplace.

Lumayan banget loh sekarang ada marketplace seperti penyedia jasa freelance gini, karena akan sangat membantu kalian terutama buat kalian yang baru memulai karir menjadi freelance fotografer. Kalian bisa mendapatkan peluang lebih besar untuk mendapatkan klien dan akhirnya bisa juga mendapatkan penghasilan tambahan, kalau kalian tertarik kalian tinggal daftar saja pada beberapa marketplace penyedia jasa freelance.

Online Presence

Setelah tadi kita bahas soal marketplace selanjutnya yang tidak kalah penting adalah Online Presence. Online Presence yang dimaksud disini lebih kearah sosial media, karena seperti yang kita tahu kalau di social media itu jumlah penggunanya sangat besar dan disitu kalian mendapatkan peluang lebih besar juga untuk mendapatkan pekerjaan. Kalau misalkan contohnya kalian yang bekerja dibidang fotografi atau videografi mungkin salah satu sosial media yang tepat yang cukup efektif untuk kalian gunakan adalah Instagram dan kalau untuk kalian yang bekerja sebagai videografer yaitu YouTube juga lumayan penting sih, karena beberapa videografer freelance bisa juga mendapatkan pekerjaan karena calon klien mereka nonton videonya di YouTube.

Jadi ya buat kalian yang bekerja dibidang videografi juga kami sangat merekomendasikan bikin video di YouTube. Kami yakin tidak semua orang punya metode yang sama, jadi kalian perlu explore secara lebih lanjut sendiri sosial media mana nih ya kira-kira berpengaruh dan juga cocok untuk bidang kalian. Mungkin kalian bisa coba Pinterest atau LinkedIn atau mungkin social media lainnya Facebook dan segala macemnya, kalian perlu explore lebih lanjut mana yang cocok buat kalian. Carilah platform yang bisa memberikan exposure hasil-hasil karya kalian secara maksimal.

Disiplin

Oke mungkin beberapa dari kalian ada yang berpikir “Oke Kok Tipsnya jadi Disiplin?” tapi coba kalian baca dulu. Karena menurut kami ini adalah tips yang gak kalah penting dengan tips-tips yang sebelumnya, menurut kami kalau kalian ingin masuk ke dunia freelance kalian harus punya yang namanya Disiplin, karena secara tidak langsung kalian adalah Bosnya. Jadi kalian yang menentukan apakah mau dikerjain atau tidak, mau sekarang atau nanti.

Jadi cukup berbeda ketika kalian kerjanya full-time Nine to Five pada sebuah perusahaan, jadi ketika ada project tertentu kalian harus mau tidak mau kerjain sekarang juga karena ada atasan yang ngawasin jadi kaliann nggak bisa undur-undur dan juga waktu kerjanya lebih pasti Nine to Five Senin sampai Jumat.

Tapi beda ceritanya kalau kalian freelance misalkan kalian ada project nih dan deadlinenya dua minggu lagi, nah kalian bisa memilih nih mau dikerjain sekarang atau nanti H-3 atau bahkan H-1. Kalau dari kami sendiri biasanya akan mengusahakan untuk hasilnya jadi lebih cepat karena menurut kami kliennya juga akan senang ketika hasilnya jadi lebih cepat dan akhirnyapun kami juga punya waktu luang atau bisa fokus ke pekerjaan yang selanjutnya, jadi enggak terlalu lama stuck di satu project dan akhirnya poject lain juga jadi terhambat.

Kalau buat kami seperti itu sih, jadi paling seneng tuh kalau pekerjaan bisa cepat selesai dibandingkan nunggu nanti, karena menurut kami ketika pekerjaannya selesai nih terus kita punya waktu santai atau waktu luang itu bisa untuk dimanfaatkan secara maksimal jadi nggak ada beban pekerjaan sama sekali. Jadi biasanya walaupun deadline masih lama kami selalu mengusahakan supaya cepat selesaikan projectnya.

Dan ngomongin soal freelance menurut kami itu nggak ada hari liburnya , kami sering kok misalkan ngerjain editan dari pagi sampai tengah malam supaya bisa deliver hasilnya lebih cepat ke klien, biasanya Senin sampai Minggu bisa dibilang ada aja kerjaannya dan ditambah lagi kalau kalian bisa berjualan jasa kalian di banyak marketplace pasti pada akhirnya lebih jarang lagi kalian punya hari libur.

Nah makanya menurut kami disiplin ini sangat-sangatlah penting buat kalian yang mau memulai karir sebagai seorang fotografer taupun videografer freelance. Kalian harus bisa memotivasi diri sendiri dan juga enggak menunda pekerjaan, jadi menurut kami ini adalah salah satu tips yang kelihatannya sederhana tapi sangat-sangatlah penting.

Oke segitu aja untuk Tips Menjadi Freelance Fotografer pada artikel kali ini, semoga teman-teman bisa terbantu atau bisa belajar sesuatu melalui artikel ini terutama mungkin buat teman-teman yang baru mau memulai karir sebagai seorang freelancer.

Baca Juga: